Rabu, 16 Maret 2011

Bersepeda Menyebabkan Mandul


Pada dasarnya bersepeda banyak diminati oleh banyak orang, karena merupakan olah raga yang mengasikkan untuk menjadi lebih sehat, berenergi, sangat ramah dengan lingkungan sekitar, dan juga sekaligus bisa jalan-jalan.
Tetapi bagi anda yang suka bepergian dengan menggunakan sepeda selama kurun waktu lima jam dalam seminggu akan membuat pria mandul dengan kualitas sperma yang menurun.



Pada sebuah penelitian menghasilkan temuan yang sangat mencengangkan bagi dunia kesehatan, peneliti dari universitas di Bostonmelakukan riset ini.

Dalam penelitian ini dilakukan pada sejumlah 2.200 subjek pria yang melakukan pengobatan di klinik pengobatan khusus kesuburan. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa pria yang bersepeda selama kurun waktu lima jam dalam seminggu akan mengalami penurunan volume sperma dibandingkan dengan pria yang tidak pernah bersepeda.

Berdasarkan apa yang dikatakan pimpinan dalam penelitian tersebut mengatakan bahwa hal tersebut bisa terjadi akibat dari traumatis atau terjadi kenaikan suhu pada skrotum tertis. Fungsi dari skrotum ini adalah untuk menjaga suhu testis tetap pada keadaan normal sekitar 34 derajat Celcius.

Ia juga mengatakan bahwa perlu sebuah kajian lebih dalam karena penelitian tersebut mungkin tidak dapat dijadikan sebagai wakil dari populasi. Hal ini bisa terjadi karena penelitian ini hanya dilakukan di klinik kesuburan, dimana orang yang datang adalah orang yang memiliki masalah dengan kesuburan mereka terutama pada pria yang memiliki masalah pada kualitas sperma.

1 komentar: